Home » Profil

Profil

VISI

Menjadi program studi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia unggul, profesional, adaptif dan berwawasan global dalam kelimuan perpustakaan dan sains informasi yang berbasis teknologi.

MISI

1. Menyelenggarakan program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan Perpustakaan dan Sains Informasi berbasis teknologi.
2. Menciptakan Lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, dan penelitian yang efisien dan efektif sehingga dapat menghasilkan lulusan Perpustakaan dan Sains Informasi yang kreatif, inovatif dan cakap teknologi.
3. Menjalin kerjasama dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang profesional, berkualitas, dan berdaya saing tinggi dalam bidang Perpustakaan dan Sains Informasi.
4. Menumbuhkan jiwa dan mengembangkan kemampuan dalam bidang infopreneur untuk kebutuhan masyarakat dimasa depan.

PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI

1. DIGITAL LIBRARIAN
Mengelola perpustakaan baik konvensional maupun digital dan melakukan layanan perpustakaan terkait. Tugasnya dapat meliputi memilih, memperoleh, membuat katalog, mengklasifikasikan, menyebarluaskan, memelihara bahan pustaka, serta memberikan referensi, bibliografi, dan layanan konsultasi bagi pembaca. Pustakawan digital dapat melakukan penelitian mendalam, strategis, dan mensintesis, menganalisis, mengedit, dan menyaring informasi. Pustakawan digital juga dapat mengatur atau bekerja dengan database dan sistem informasi untuk katalog dan mengakses informasi. Bekerja di berbagai perpustakaan, termasuk perpustakaan umum, sekolah, perguruan tinggi, museum, perusahaan, lembaga pemerintah, firma hukum dan organisasi nirlaba.
PROSPEK KARIR: Pustakawan, Konsultan Lembaga informasi

2. INFOPRENEUR

Infopreneur menjalankan bisnis yang high profit dimana yang dijual sebenarnya adalah jasa dan produk. Bentuk atau format informasi yang dijual antara lain database, buku, anotasi bibliografi, abstrak, indeks, thesaurus, audiovisual, audio, digitalisasi dokumen, seminar & conference, workshop & training, coaching & consulting mengenai keterampilan tertentu baik dalam bentuk digital atau tidak.
PROSPEK KARIR: Content Creator, Web Developer Perpustakaan, Software Developer Perpustakaan, Pengusaha Dokumen Digital.

3. MANAJER REKOD

Manajer rekod bertanggung jawab untuk manajemen yang efektif dari informasi yang diterima dan dihasilkan oleh organisasi. Informasi adalah pusat dari semua yang dilakukan organisasi. Bagaimana ia mengelola informasi ini dapat secara langsung mempengaruhi kemampuannya untuk beroperasi secara efisien. Manajer rekod bekerja untuk mengatur, memelihara, dan melindungi database informasi perusahaan, baik dalam bentuk kertas maupun elektronik. Tujuannya adalah untuk mencapai sistem yang terstruktur, efisien, dan ramah pengguna, sehingga menghasilkan pengelolaan operasi perusahaan yang efektif dan ekonomis. Manajemen rekod yang efektif memastikan bahwa informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh kembali, otentik, dan akurat.

PROSPEK KARIR: Konsultan Manajemen Arsip dan Informasi