Profil

Profil Singkat

Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Widyatama berada dibawah naungan FISIP UTama dengan kode Prodi 71202. Didirikan pada tanggal 22 April 2020 dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 462/M/2020 tentang izin pembukaan prodi Perpustakaan & Sains Informasi Universitas Widyatama. Prodi ini berfokus pada pembelajaran mengenai bagaimana menjadi seorang pustakawan dan ahli informasi yang mampu merancang bangun perpustakaan digital serta arsip digital. Prodi Perpustakaan & Sains Informasi menghasilkan lulusan yang dapat mengelola pengetahuan dan informasi menjadi produk berdaya guna, menerbitkan kumpulan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna, membangun konten dengan menjadi content creator yang menyajikan informasi yang berkualitas, dan dapat berwirausaha dibidang digitalisasi dokumen serta pembuatan software perpustakaan.

 

Visi, Misi & Tujuan

Program Studi Perpustakaan & Sains Informasi Universitas Widyatama

Visi Kami

Menjadi prodi perpustakaan dan sains informasi yang unggul dan mandiri dengan keunggulan dalam bidang social-political entrepreneurship & Humanity untuk menghasilkan tenaga profesional yang memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat serta mampu bersaing dalam lingkungan global tahun 2028.

Misi Kami

  1. Melaksanakan program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu dalam bidang perpustakaan dan sains informasi.
  2. Mewujudkan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar serta penelitian yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan prodi perpustakaan dan sains informasi yang kreatif, inovatif, humanis dan entrepreneurship serta menguasai teknologi.
  3. Menyelenggarakan katerkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis prodi perpustakaan dan sains informasi dalam rangka pembentukan manusia yang berbudi luruh, berkarakter, humanis, dan enterpreneurship.
  4. Berkolaborasi dengan berbagai stakeholder baik dalam maupun luar negeri untuk terwujudnya kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang bermanfaat untuk bidang perpustakaan dan sains informasi agar proses pembelajaran selalu mutakhir.

Tujuan Kami

  1. Menghasilkan Sarjana Sains Informasi yang unggul dan profesional dalam mengintegrasikan disiplin ilmu Informasi dan Perpustakaan berbasis teknologi.
  2. Menghasilkan Sarjana Sains Informasi yang kreatif, inovatif dan cakap teknologi.
  3. Menghasilkan Sarjana Sains Informasi yang mampu menjalin kerjasama khususnya di bidang Perpustakaan.
  4. Menghasilkan Sarjana Sains Informasi yang memiliki jiwa enterpreneurship untuk kebutuhan masyarakat.

PROFIL LULUSAN & KOMPETENSI PERPUSTAKAAN & SAINS INFORMASI

1. Digital Librarian

Lulusan akan memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi perpustakaan serta mengelola perpustakaan digital maupun konvensional, meliputi memilih koleksi, memperoleh koleksi, membuat katalog, mengklasifikasikan, menyebarluaskan, memelihara bahan pustaka, serta memberikan referensi, bibliografi, dan layanan konsultasi bagi pembaca. Selain itu, lulusan akan memiliki softskill dalam melakukan penelitian, mensitesis, menganalisis, mengedit dan menyaring informasi.

Prospek Karir: Pustakawan; Konsultan Perpustakaan; Consevaris; Pengarsipan Digital

Mata Kuliah Pendukung: Organisasi Informasi; Klasifikasi & Katalogisasi; Arsitektur Sisitim Informasi; Basis Data; Manajemen Koleksi; Arsitektur Sistim Informasi; Desain Aplikasi Perpustakaan; Big Data & Data Mining; Riset Kualitatif & Kuantitatif; Infometrika; Bibliometrik; Digitalisasi & Alih Media.

2. Information Specialist

Lulusan program ini diharapkan mampu menganalisis kebutuhan informasi suatu lembaga, mengorganisir, menyimpan, dan mengembangkan sistem manajemen informasi yang efisien. Selain itu, lulusan juga dibekali kemampuan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, dan mengelola berbagai sumber informasi. Lebih lanjut, lulusan dapat memberikan layanan referensi dan konsultasi kepada pengguna, serta mengadakan program literasi informasi untuk meningkatkan kesadaran pengguna akan pentingnya informasi dan cara memanfaatkannya secara efektif.

Prospek Karir: Pustakawan dan Pusat Informasi; Perusahaan Teknologi Informasi; Data Analisis; Information Arsitek; Knowledge Manager; Arsiparis; Information Security Analyst.

Mata Kuliah Pendukung: Literasi Informasi, Logika Pemrograman; Arsitektur Sistem Informasi; Basis Data; Big Data & Data Mining; Reservasi Data Digital; Web Design; Information Visualization; Keamanan Informasi;  Information Reatry Sistem.

3. Kurator Informasi

Lulusan program ini diharapkan mampu melakukan dokumentasi dan katalogisasi terhadap berbagai objek koleksi museum atau galeri, serta mengelola data koleksi melalui sistem manajemen koleksi yang efisien. Selain itu, lulusan juga memiliki kompetensi dalam merencanakan dan menyelenggarakan pameran yang menarik dan edukatif, termasuk dalam mengembangkan narasi pameran dan materi interpretatif. Dalam menjaga kelestarian koleksi, lulusan dapat bekerja sama dengan tim konservasi dan melakukan pengawasan terhadap kondisi fisik koleksi.

Prospek Karir: Media dan Journalism; Museum; Arsip; Galeri Seni; Penerbitan; Institusi Pendidikan.

Mata Kuliah Pendukung: Organisasi Informasi; Literasi Informasi; Klasifikasi dan Katalogisasi; Manajemen Koleksi dan Aset Digital; Dokumentasi dan Arsip Digital; Inovasi dan Pengembangan Desain Program; Information Visualization; Riset Kuantitatif Perpustakaan dan Informasi; Digitalisasi dan Alih Media.

4. Pustakawan Riset Muda

LLulusan program ini diharapkan mampu mengidentifikasi dan mendefinisikan kebutuhan informasi individu secara tepat. Selain itu, lulusan juga dibekali kemampuan untuk mengevaluasi informasi secara kritis, serta melakukan analisis dan sintesis informasi dari berbagai sumber. Dengan pemahaman yang mendalam mengenai kajian multidisiplin dalam bidang perpustakaan, lulusan mampu menghasilkan karya tulis ilmiah, seperti tinjauan literatur, yang berkualitas. 

Prospek Karir: Pustakawan Perpustakaan Akademik; Perpustakaan Riset; Lembaga Penelitian Pemerintah; Lembaga Publik; Data Librarian.

Mata Kuliah Pendukung: Layanan Perpustakaan, Organisasi Informasi, Manajemen Koleksi, Bibliometrik, Riset Kualitatif Perpustakaan dan Informasi; Etika Profesi Pustakawan; Creative Writing.

3. Infopreneur

Lulusan akan memiliki kemampuan menjalani bisnis informasi menggunakan e-commerce ataupun konvensional baik dari segi jasa maupun produk. Format produk informasi yang dijual meliputi, anotasi bibliografi, abstrak, indeks, thesaurus, dan dokumen elektronik. Sedangkan format jasa dapat dilakukan dengan pengadaan seminar/ conferenceworkshop/training, coaching/consulting mengenai keterampilan akuisisi, pengolahan, diseminasi dan preservasi informasi.

Prospek Karir: Content CreatorWeb Developer Perpustakaan; Software Developer Perpustakaan; Pengusaha Dokumen Digital; Bisnis Intelegend Spesialis.

Mata kuliah Pendukung: Public SpeakingWeb DesignCreative Writing; Fotografi & Videografi; Manajemen Pemasaran Informasi Digital; e-commerce Information BusinessDigital Content; Valuasi Bisnis Teknologi Informasi; Online Publishing; Information Business CreationGraphic Designer.