(FISIP) UNIVERSITAS WIDYATAMA DAN UNIVERSITAS BENGKULU : JALIN KERJA SAMA STRATEGIS TINGKATKAN KUALITAS PROGRAM STUDI. PERPUSTAKAAN DAN SAINS INFORMASI

Gambar 1 Foto Bersama Perjanjian Kerja Sama Universitas Widyatama dan Universitas Bengkulu

Bandung, 24 September 2024 – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Widyatama dan Universitas Bengkulu menjalin kerja sama di bidang Peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada hari Selasa, 24 September 2024 di Kota Bandung, Universitas Widyatama.

Kegiatan Kerja sama ini telah ditandatangani langsung oleh pihak pertama yaitu Dr. Dra. Yunilisiah, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu) dan pihak kedua yaitu Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Widyatama). Pada kegiatan kerjasama ini bertujuan untuk menjalin Perjanjian Kerja Sama dalam rangka mengoptimalkan prinsip kemitraan yang saling memberikan manfaat dengan terwujudnya sinergitas antara kedua fakultas dan program studi yang sama dalam meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan perpustakaan.

Gambar 2 Penandatangan Pihak Pertama, Universitas Bengkulu (Dr. Dra. Yunilisiah, M.Si)

 

Gambar 3 Penandatangan Pihak Kedua, Dekan FISIP Universitas Widyatama (Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, M.Si.)

 

Gambar 4 Pendandatangan Sebagai Koordinator Kerja Sama FISIP Universitas Widyatama, Kepala Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi (Haria Saputry Wahyuni, M.I.Kom)

 

Beberapa Rungan Lingkup perjanjian dan kerja sama yang dimaksudkan sesuai dengan bidang Tridharma Pendidikan Tinggi ini meliputi, penyelenggaraan kegiatan pengajaran bersama atau kegiatan kelas kolaborasi yang dapat dilakukan secara daring maupun luring, oleh beberapa perwakilan dosen dari setiap Univeritas Bengkulu dan para dosen dari Universitas Widyatama, serta penyelenggaraan kegiatan Kuliah Umum bersama Guru Besar baik dari pihak Universitas Bengkulu untuk Universitas Widyatama dan sebaliknya baik secara daring ataupun luring. Dilanjutkan beberapa kegiatan lainnya seperti udangan sebagai penguji tamu, kegiatan pengembangan kurikulum bersama, kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa untuk dapat berkontribusi baik di tingkat lokal maupun nasional, kegiatan publikasi bersama antar dosen, kegiatan lokakarya untuk penulisan, serta kegiatan seminar dan lainnya. Melalui perjanjian ini sebagai bentuk  mengembangkan gagasan baru sesuai dengan Skema Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), terutama: pertukaran mahasiswa (IISMA/PMN), studi/ proyek independent, penelitian/ riset, kegiatan KKN/ membangun desa, dan asisten mengajar. Dari serangkaian kegiatan ini diharapkan dapat tercapai sesuai dengan tujuan awal untuk pengembangan kembali Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi baik untuk Universitas Widyatama dan Universitas Bengkulu.

Salah satu fokus utama kerjasama adalah pengembangan sumber daya manusia. Hal ini mencakup pelatihan untuk dosen dan laboran, serta kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran. Kerjasama ini merupakan langkah strategis bagi kedua universitas untuk memperluas jaringan kerjasama, meningkatkan reputasi internasional, dan memberikan manfaat bagi mahasiswa dan dosen.

Dari kegiatan serangkaian perjanjian tersebut, tepat pada tanggal 24 dan 25 September 2024, telah dilaksanakan penyelenggaran kegiatan pengajaran bersama atau kegiatan kelas kolaborasi antara dosen dari Universitas Bengkulu kepada para mahasiswa dari prodi. Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Widyatama. Kegiatan ini dilaksanakan sehari pada satu matakuliah. Kegiatan ini disambut oleh para mahasiswa dengan antusias sehingga memberikan kesan terbaiknya selama pengajaran.

Gambar 5 Kegiatan Pertukaran Dosen Pengajar di Mata Kuliah Basis Data, Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Angkatan 2023

 

Gambar 6 Kegiatan Pertukaran Dosen Pengajar Mata Kuliah Organisasi Informasi, Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Angkatan 2024

Kerja sama antara Universitas Widyatama dan Universita Bengkulu pada Prodi, Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dapat menjadi sebuah langkah strategis  untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas jaringan kerjasama internasional. Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa, dosen, dan kedua universitas. Melalui Kerja sama ini diharapkan dapat berlangsung selama minimal 4 tahun dan dapat diperpanjang. Sehingga kedua universitas dapat berkomitmen untuk bekerja sama secara erat untuk mencapai tujuan bersama.

 

**Penulis : Erika Nurmayanti