Talkshow: Librarians as a Part of Environmental Restoration

Bandung, 12 Juni 2024 – Prodi perpustakaan dan sains informasi menggelar talkshow dengan tema “Librarians as a part of environmental restoration”. Kaprodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Haria Saputry Wahyuni, S.I.Pus., M.I.Kom., menjelaskan kegiatan yang dihadiri oleh seluruh angkatan mahasiswa prodi perpustakaan dan sains informasi ini selain untuk menambah wawasan para mahasiswa dan dosen mengenai peran pustakawan, tetapi juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa dengan harapan dapat menjaga ikatan alumni.

Talkshow: Librarians as a Part of Environmental Restoration
Narasumber (Gema Maulana) dan Moderator (Haria S. Wahyuni) dalam Talkshow: Librarian as a Part of Environmental Restoration

Talkshow ini menghadirkan Gema Maulana yang merupakan content creator, social media manager, dan founder dari Males Nyampah. Menurutnya, sebagai alumni prodi ilmu perpustakaan Universitas Padjadjaran tahun 2015, selain menjadi pustakawan, lulusan prodi perpustakaan juga bisa menjadi agent of change yang menginspirasi dan menginisiasi perubahan. Males Nyampah sendiri merupakan proyek ilustrasi mengenai isu-isu lingkungan yang mulai berjalan sejak 2019. Akun ini diinisiasi oleh Gema, sebagai langkah awal untuk meningkatkan kesadaran para pendaki gunung untuk tidak meninggalkan sampah selama mendaki.

Talkshow: Librarians as a Part of Environmental Restoration
Foto bersama para peserta dan narasumber Talkshow: Librarians as a Part of Environmental Restoration

Berawal dari kegemaran pribadi, Males Nyampah tumbuh menjadi sebuah platform yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. Melalui talkshow ini, pandangan mahasiswa dapat berkembang bahwa lulusan prodi perpustakaan dan sains informasi dapat berkarya dan bekerja di berbagai lini.

 

***Penulis: Wulandini R. Syaripyani