Workshop Pengembangan Koleksi Perpustakaan Sekolah

Bandung – Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Widyatama mengadakan workshop pengambangan koleksi perpustakaan sekolah pada 18 Februari 2021 melalui media zoom meeting. Acara workshop ini sebagai rangkaian dari kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Prodi Perpustakaan dan Sains informasi dengan tema besar Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Untuk Efektivitas Pembelajaran.

Menggandeng SMK Harapan 2 Rancaekek, prodi Perpustakaan dan Sains Informasi berharap kegiatan PKM ini dapat membantu menjadikan perpustakaan SMK Harapan 2 Rancaekek menjadi lebih baik. Adapun peserta workshop ini yaitu pihak Universitas Widyatama yang terdiri dari dosen dan mahasiswa prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, serta guru dan pustakawan SMK Harapan 2 Rancaekek yang kesemuanya berjumlah 13 orang.

Materi workshop kegiatan PKM ini disampaikan oleh salah satu Dosen Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Widyatama, yaitu Haria Wahyuni, S.I.Pus., M.I.Kom. Dengan berbekal pengalaman sebagai pustakawan, para peserta workshop menjadi antusias untuk bertanya seputar kegiatan pengembangan koleksi di perpustakaan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan pengembangan koleksi oleh pihak perpustakaan SMK Harapan 2 Rancaekek, diantaranya yaitu kita harus memperhatikan alat seleksi pemilihan seperti misalnya daftar judul buku, lalu setelah itu tim seleksi yang biasanya dibentuk oleh kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan, kemudian ada pula kebijakan seleksi bahan pustaka, dan pemilihan bahan pustaka ujar Haria selaku pemateri kegiatan workshop.

Kegiatan pengembangan koleksi merupakan awal dari kegiatan perpustakaan yang memiliki tujuan agar koleksi yang disediakan sesuai dengan kebutuhan pemustaka sehingga tercukupinya bahan pustaka. Terlebih lagi, seperti yang dijelaskan oleh Ibu Haria, bahwa di perpustakaan sekolah harus mengikuti aturan dimana satu murid harus terpenuhi satu eksemplar buku untuk setiap mata pelajarannya.

Kegiatan workshop ini menjadi pembuka dalam pemberian wawasan baru bagi para pustakawan dan guru SMK Harapan 2 Rancaekek dalam menciptakan perpustakaan yang sesuai dengan standard yang telah dibuat oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (MA)